Sabtu, 02 Juli 2011

Jam Istirahat untuk Sholat Dhuha

Muslim Muda…apa yang kalian lakukan jika jam istirahat belajar telah tiba? Sebagain besar mungkin akan menyerbu kantin sekolah atau memanfaatkan momen ini untuk bercanda ria dengan teman-teman sekolah

Muslim Muda..adakah diantara kalian menyerbu mushollah di jam istirahat tersebut? Buat apa?
Muslim Muda…mari kita mencoba memanfaatkan sedikit waktu luang kita dengan melaksanakan sholat dhuha, yah..paling cuman memakan waktu 5-7 menit. Loh..sholat dhuha itu apa dan untuk apa?

Sholat dhuha merupakan salah satu dari sekian banyak sholat sunnah dalam Islam yang memiliki begitu banyak keutamaan dan mengerjakannya akan menambah pahala yang besar buat kita.

Keutamaan Sholat Dhuha


Dari Abu Dzar berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda “Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim)

Luar biasa, hanya dengan 2 rakaat sholat dhuha kita bakalan mendapatkan segudang pahala. Tahu tidak muslim muda berapa jumlah persendian dalam tubuh manusia? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam juga mengabarkan kepada kita jumlahnya

Dari ‘Aisyah pernah menyebutkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian”.(HR. Muslim)

Bisa tidak bersedekah sejumlah itu? Nah.. solusinya adalah sholat Dhuha. Minimal 2 rakaat. Pasti bisa donk…

Waktu Sholat Dhuha

Waktu sholat dhuha di mulai sejak matahari setinggi tombak sejak terbitnya (tepatnya sekitar 20 menit setelah terbit) hingga menjelang waktu dzuhur. Waktu yang paling utama melakukannya yaitu ketika matahari sudah agak terik

Muslim Muda…pagi-pagi kan kalian siap-siap kesekolah nih, setelah itu belajar sampai siang.. jadi waktu yang paling tepat buat sholat dhuha adalah waktu istirahat.
Muslim Muda…Mari memanen pahala di waktu Istirahat

Penulis : admin rumah rohis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar