Senin, 30 Mei 2011

Tips Memilih Kampus Favorit

Muslim Muda…alhamdulillah rentetan ujian telah dilalui, saatnya berpikir untuk masa depan yang lebih gemilang (ini bukan ngomongin nikah loh). Status Putih Abu-abu telah terselesaikan saatnya menuju gerbang yang lebih tinggi yaitu MAHASISWA.
Muslim Muda…saatnya melirik Perguruan Tinggi. Tentunya kalian sudah pasti memiliki Universitas Favorit bukan? Tapi favorit dari segi apa? Nama besar suatu Universitas belum tentu menjanjikan, nah loh kalau gitu Universitas apa yang menjanjikan? Berikut beberapa tips memilih Perguruan Tinggi (PT)

1.Sesuaikan dengan Cita-cita, bakat dan Minat

Kalian tentunya memiliki cita-cita bukan? Untuk meraih cita-cita otomatis harus sesuai dengan jalur pendidikannya, kalau kalian bercita-cita menjadi Guru otomatis harus mengambil jurusan Pendidikan, kalau bercita-cita ingin menjadi dokter otomatis mengambil fakultas kedokteran, kalau bercita-cita menjadi seorang engineer otomatis harus memilih Fakultas Teknik, dll.

Bakat dan minat merupakan salah satu faktor utama dalam memilih PT, soalnya kalau dipaksain malah jadinya kuliah merupakan aktivitas yang membosankan. Kalua kalian suka dengan Biologi maka silahkan melirik jurusan pertanian, biologi atau kedokteran. Kalau kalian suka dengan fisika maka kalian boleh melirik teknik elektro, teknik industry atau teknik informatika.

Kalau bingung dengan bakat yang kalian miliki, silahkan konsultasikan ke ortu, senior atau guru kalian.

2. Biaya

Seringkali universitas yang kita inginkan tidak sesuai dengan keadaan keuangan orang tua kita. Kuliah di Perguruan Tinggi memiliki beberapa hal biaya yang harus diperhatikan : diantaranya biayanya seperti uang pendaftaran, uang gedung, spp, uang praktikum, dll. Yang lebih nggak bisa diperkirakan adalah biaya mendadak seperti fotokopi, beli buku, ataupun transportasi. yang perlu juga dipertimbangkan adalah apabila kita kos karena faktor jarak.

Nah.. saatnya kalian melirik universitas atau PT yang memiliki peluang beasiswa, siapa tahu aja kamu termasuk penerima beasiswa tersebut. Kan enak kuliah gak perlu repotin ortu.

3. Prospek Masa Depan
Jurusan yang kalian pilih harus memiliki prospek masa depan yang bagus, kan percuma kuliah kemudain prospek jurusanya kurang menjanjikan (walaupun rezki ada ditangan Allah, tapi kudu berusaha)

4. Reputasi Kampus
Penting banget nih buat kalian, jangan sampai reputasi kampus favorit kalian sudah tercoreng didunia pendidikan bahkan di dunia kerja. Biasanya reputasi kampus tercoreng karena ulah Mahasiswanya (seperti berdemo)

5. Akreditasi Program Studi
Pada tahun-tahun sebelumnya kamu kenal dengan status disamakan, diakui ataupun terdaftar, sekarang ini ada yang dinamakan dengan status akreditasi. Status ini diberikan untuk program studi yang diselenggaran dan bukan pada keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. Status akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
Jadi jangan asal kampus, cari informasi minimal kampus itu berakreditasi B

6. Jalur dan Jenjang Pendidikan
Saat ini banyak sekali program pendidikan dengan berbagai jangka waktu tempuh pendidikan. Untuk Indonesia, kita memiliki 2 jenjang jalur pendidikan yaitu jalur akademik (strata 1, 2, 3) serta jalur profesional (diploma 1, 2, 3,4). Jalur akademik menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan jalur profesional menekankan pada keahlian tertentu.

7. Fasilitas Pendidikan
Hati-hatilah dengan tampilan fisik. Gedung megah dan ber-AC saja tidak cukup untuk menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik. Fasilitas utama yang harus kami ketahui dalam suatu perguruan tinggi adalah seberapa baik dan bagusnya fasilitas seperti laboratorium (komputer, akuntansi, bahasa, dan lain-lain), bengkel dan perpustakaan yang dimiliki.

8. Link Dunia Kerja
Cari PT yang memiliki kerjasama yang bagus dengan beberapa perusahaan dan tentunya lihat forum alumni yang ada didalamnya, karena forum alumni tentunya akan menjadi link kita ke dunia kerja.

9. Minta restu sama ortu
Ini yang paling penting dan terpenting, mintalah restu dari orang tua kalian karena do’a ibu untuk anaknya pasti di kabulkan oleh Allah dan ridho Allah tergantung ridho ortu kita.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda "Ridho ALLAH tergantung kepada keridhoan orang tua dan murka ALLAH tergantung kepada kemurkaan orang tua" (HR Bukhori, Ibnu Hibban, Tirmidzi, Hakim)

Penulis : admin rumah rohis dari beberapa sumber
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar